Tips Memulai Bisnis ala Restoran Artis

Jika Anda mempunyai kegemaran dalam dunia memasak, maka hal itu dapat saja Anda kembangkan menjadi salah satu hobi yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan yang kecil yang dapat membantu ekonomi Anda dalam bentuk kebutuhan pokok atau bahkan dengan penghasilan besar yang dapat mencukupi segala kebutuhan sekunder seperti, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu bisnis yang dapat Anda manfaatkan dalam hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Bisnis Restoran Artis atau rumah makan memang sangat menguntungkan dan sangat menjanjikan, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri bila masakan yang Anda buat di sukai oleh konsumen Anda.

Tantangan dalam Bisnis Restoran Artis atau rumah makan ialah bagaimana makanan yang Anda jual bisa laku dan disukai oleh konsumen. Nah, disinilah Anda harus berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi restoran yang terunik dan yang paling terkenal di daerah Anda.

Saat ini banyak restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang skala kecil sampai yang berskala besar. Banyak restoran yang dijalankan di daerah tertentu hingga meraih keberhasilan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada pula restoran yang sukses dan tumbuh besar yang didirikan oleh artis atau orang ternama di Indonesia, seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran juga bisa meraih kesuksesan karena menu yang ditawarkan sesuai dengan target pasarnya, yaitu orang yang menyukai menu masakan tersebut, seperti restoran sea food.

Usaha restoran atau rumah makan, kini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan. Setiap manusia membutuhkan makan, jadi tidak heran, bila Bisnis Restoran Artis atau rumah makan selalu tidak ada matinya. Karena untuk mencukupi kebutuhan primer setiap orang. Tetapi, untuk memulai dan mengelola restoran juga tidak boleh sembarangan karena bisa jadi akan berhenti di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran.

Baca juga  Rahasia Peluang Usaha Minuman dalam Kemasan yang Beromzet 100jt/Bulan!
1. Menu Makanan
Menu masakan merupakan salah satu yang hal sangat penting dalam suatu Bisnis Restoran Artis, sebab menu ini yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu Bisnis Restoran Artis. Jadi apabila Anda mau membuka sebuah usaha restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang kira-kira terlaris dan populer di daerah Anda. Anda juga dapat memilih menu masakan yang tak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling unik.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku bisa didapatkan dengan melakukan kerja sama dengan supplier sayuran dan sembako atau bisa langsung berbelanja di pasar tradisional ataupun modern. Pastikan kualitasnya bagus karena akan memberi pengaruh terhadap rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk dapat mengetahui keperluan pembeli, survey pasar harus dilakukan. Survey yang dilakukan meliputi harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style bisnis Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun perlu memilki sebuah ciri khas agar sang pembeli tidak sulit untuk menemukannya dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda dapat menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda tawarkan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi merupakan salah satu hal penentu dalam kesuksesan suatu usaha restoran. Jadi apabila Anda mau menjalankan sebuah Bisnis Restoran Artis sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang bagus dan strategis untuk bisnis Anda. Yang pasti pilih saja lokasi yang ramai pembeli. Dengan banyaknya pengunjung maka kemungkinan besar restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan
Pelayanan juga salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan suatu Bisnis Restoran Artis, sebab percuma saja jika pengunjung ramai tapi pelayanan yang Anda berikan mengecewakan. Hal ini akan bisa menyebabkan restoran Anda tidak laku dan akhirnya bangkrut.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-artis/
https://ramesia.com/

Terbuka Lebar Menjadikan Bisnis Es Batu Ini Semakin Menyegarkan


Es batu sering dibandingkan dengan es kering. Di bahasa inggris pun keduanya hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu dinamai ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kesamaan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari H2O atau air biasa yang dibekukan. Sedangkan es kering atau dry ice merupakan karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.

Dengan keberadaan teknologi freezer, pembuatan es batu di waktu sekarang ini sangatlah mudah. Kita tinggal cuma menaruh air dalam freezer dan membiarkannya beku. Freezer pun pada saat ini bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil untuk kebutuhan individu, hingga freezer yang besar untuk keperluan industri.

Kebutuhan Individual dan Industri akan Es Batu
Es batu saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan primer. Baik kebutuhan bagi individu maupun pasar. Bagi pribadi, es batu diperlukan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi pasar atau industri, es batu digunakan untuk membuat produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti sekedar sebagai bahan pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan-ikan yang dikirim dalam kontainer.

Kesempatan Usaha Es Batu
Bisa jadi tak banyak yang tahu, bahwa ternyata lumayan banyak permintaan es batu di pasaran. Memang, bila cuma melihat usaha “jual es batu” rumahan yang sering terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tidak terlihat jika usaha tersebut begitu menghasilkan. Akan tetapi yang patut kita perlu untuk ketahui adalah usaha es batu tidak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Inilah Rahasia Cara Membangun Bisnis Roti yang Sukses dan Menguntungkan
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Restoran memerlukan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Selain itu rumah makan juga menggunakan es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Selain rumah makan kita bisa ambil contoh di industri perikanan. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar sampai terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi kendala karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Maka Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan tersebut adalah dengan mengirimnya dalam wadah tertutup atau box yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk membuat dingin suhu di wadah atau box tersebut adalah dengan cara memberinya es batu.

Oleh karena itu kebutuhan pasar akan es batu tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga harus ada yang mengisi kebutuhan sekaligus peluang usaha es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal dapat menghasilkan kira-kira 10 ton es batu kristal per hari. Es itu ia hargai seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia dapat mendapat profit hingga lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal per hari. Es batu tersebut ia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut dia meraup profit hingga 20%.

Ahmad menyampaikan bahwa pelanggan es batu kristal tidak hanya terbatas pada rumah makan dan restoran saja. Orderan es batu bisa muncul dari pengadaan event-event, misalnya seperti Java Jazz. Acara-acara sekelas Java Jazz bisa memerlukan es batu sampai 10 ton setiap hari.

No comments:

Post a Comment

Usaha Kopi Joss Menjadi Peluang Usaha yang Bagus

Kopi adalah tipe minuman yang ramai disenangi banyak kalangan baik dari remaja, dewasa hingga orang tua. aroma kopi yang sedap dan lezat sun...