Usaha Kopi Joss Menjadi Peluang Usaha yang Bagus

Kopi adalah tipe minuman yang ramai disenangi banyak kalangan baik dari remaja, dewasa hingga orang tua. aroma kopi yang sedap dan lezat sungguh sesuai dikonsumsi saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia dari dulu sampai saat ini. Minum kopi sendiri banyak dilaksanakan masyarakat di pagi hari, sore hari dan pada malam hari yang sejatinya momen yang cocok untuk meminum kopi.

Sudah tak asing lagi, tradisi ngopi ini sudah mendarah daging di masyarakat mulai dari kalangan ekonomi kecil hingga ekonomi atas. Semua kalangan masyarakat sungguh ramai yang tergila-gila kopi, sehingga rasanya akan ada yang kurang kalau melupakan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi itu adalah jenis minuman yang diolah dari pengolahan biji kopi. Bulir kopi itu dihasilkan dari pohon kopi yang sudah matang dan tua yang kemudian dikupas serta dijemur dulu. Setelah tahap penjemuran berlanjut dengan tahap pegongsengan kopi yang dimaksudkan untuk menghasilkan rasa dan aroma kopi yang sangat nikmat. Teknik ini dilakukan dengan menggoreng kopi tidak memakai minyak, setelah tahapan menggoreng selesai butir kopi bisa digiling agar menghasilkan bubuk kopi yang baik dan sempurna. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang mantap.

Indonesia adalah negara yang memiliki kopi dengan kuantiti sangat besar di dunia. Oleh karena itu tak asing jika kopi dari Indonesia telah populer sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang mempunyai rangking pertama dengan mutu terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut dihasilkan dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga sangat besar.

Banyaknya pengidola kopi di negeri ini bisa menciptakan sebuah peluang bisnis kopi yang menguntungkan serta membanggakan. Produk yang jadi target serta hobi masyarakat tentu akan membuahkan income usaha yang baik bagi pelaku bisnis kopi. Dalam masyarakat sendiri telah banyak beterbaran para pemain usaha kopi mulai dari kedai kopi sederhana hingga warung kopi modern. bisnis kopi ini banyak didatangi para pengunjung yang ingin bersantai atau berkumpul bersama teman, saudara, pacar dan lainnya dengan ditemani segelas kopi. Kedai kopi menjadi tongkrongan yang strategis dengan pengunjung kopi dari waktu ke waktu tidak ada kendala hawa panas ataupun hujan. Inilah yang mengakibatkan ramai penjual bisnis kopi yang meraih kesuksesan dengan income penjualan yang tinggi.

Terpana untuk mengeluti usaha kopi yang menjanjikan? Kesempatan berbisnis kopi akan masih terbentang luas untuk siapa saja yang ingin menekuni langsung di bisnis tersebut. Usaha ini simpel dikerjakan tidak wajib memiliki kemampuan tertentu dalam mengelolanya. Membuat kopi memang tidak ribet dan sulit semisal meracik olahan bumbu masakan kuliner. Dengan kemudahan tahap pembuatan kopi yang mudah menjadi magnet tersendiri untuk sejumlah orang untuk menerjuni usaha kopi.

Baca juga  Inilah Bisnis Restoran Olga yang Terkenal Enak dan Murah
Mengolah kopi sendiri mempunyai trik yang simple dan populer yaitu dengan memberikan gula dan kopi lalu ditambah dengan air panas, kopipun sudah siap. Cara praktis Menyeduh kopi juga banyaknya penggemar atau pelanggan kopi di negeri ini membuat bisnis kopi peluang suatu bisnis yang menjanjikan. Lantas bagaimana langkah memulai atau membuka bisnis kopi ? Untuk mempelajari bisnis kopi ini Anda dapat menyimak hal-­hal berikut ini:

Memulai Usaha Kopi Joss
Setidaknya terdapat beberapa poin yang harus Anda pikirkan untuk memulai usaha ini. Pelajari baik-baik dengan fokus.

1. Target Konsumen
Anda harus memikirkan masak-masak siapa target konsumen Anda. Siapakah yang nantinya menjadi konsumen prioritas bisnis kopi Anda. Berapa pendapatannya. Bagaimana mereka menganggap racikan suatu kopi. Golongan apakah mereka? Pelajar, kuli, kaum borjuis, pekerja kantoran, ataukah para pecinta kopi?

Memahami sikap konsumen dapat membantu memetakan teknik selanjutnya. Misalnya lokasi yang cocok, desain kode yang tepat, dan harga yang sesuai untuk kopi Anda. Bila dana Anda kecil dan menarget customer kelas menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan teman atau investor yang mau mendanai usaha Anda.

Langkah mudah mendapatkan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Akan tetapi ada cara lain yang paling aman dan hemat. Cobalah untuk ikut serta kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diadakan oleh berbagai badan. Misalnya Wirausaha muda mandiri. Bila berhasil, Anda akan mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.

2. Tempat Usaha Kopi
Anda harus mendapatkan tempat sangat ramai untuk membuka usaha kopi ini. Tempat menjadi penentu dalam perjalanan bisnis Anda. Contohnya saja Anda mau menggunakan rencana warung kopi sederhana, maka Anda harus menemukan tempat yang sering bersinggungan dengan khalayak ramai yang gampang dijumpai.

Begitu pula bila Anda ingin merencanakan bisnis kopi dengan kafe. Ini akan sangat membantu jika tempat yang Anda pilih adalah tempat yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan jika Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah penggemar kopi di suatu lokasi yang relax, Anda bisa menentukan tempat di tempat hiburan.

3. Mendapatkan Vendor
Ini merupakan sesuatu yang krusial, yang kadang diremehkan. Jika Anda menjual kopi untuk target pembeli kalangan menengah ke bawah. Anda tidak usah galau mencari supplier, di pasar banyak pedagang kopi dari langsung maupun tidak.

Baca juga  Membuat Bisnis Roti Enak
Berbeda halnya kalau sasaran Anda kelas menengah ke atas. Jika Anda ingin income jutaan perhari, Anda wajib menarget konsumen ini. Mereka ikhlas membayar mahal, oleh sebab itu mereka berhak disuguhi kopi ternikmat yang pernah ada.

Anda dapat saja pergi ke beberapa tempat untuk menemukan kopi yang enak. Lakukanlah, itu merupakan biaya riset yang harus Anda lalui.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-joss/

Tips Dalam Usaha Es Batu yang Perlu Anda Ketahui

Es batu pada dasarmya hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah 0 derajat celicus, sehingga air membeku dan menjadi es. Es batu bisa ada secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya es batu, akan tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Di bahasa inggris pun keduanya hanya dipisahkan oleh kata “dry”, satu dinamai ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kemiripan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu dibuat dari air biasa atau H2O yang dibekukan. Sedangkan es kering atau dry ice merupakan CO2 atau karbondioksida yang dipadatkan.

Dengan adanya teknologi freezer, penciptaan es batu di zaman ini sangat gampang. Kita tinggal cuma menyimpan air di freezer dan membiarkannya hingga beku. Freezer pun pada saat ini bervariasi, mulai dari yang kecil untuk kebutuhan individu, hingga freezer yang besar untuk kebutuhan industri.

Kebutuhan Pribadi dan Pasar akan Es Batu

Es batu saat ini sudah nyaris menjadi keperluan utama. Baik keperluan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan untuk mendinginkan makanan atau membuat minuman. Sedangkan bagi pasar atau industri, es batu digunakan untuk menciptakan produk atau menjadi pengawet produk. Misalnya seperti sekedar sebagai bahan pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan-ikan yang dikirim dalam kontainer.

Potensi Usaha Es Batu

Mungkin tak banyak yang mengetahui, bahwa ternyata lumayan banyak kebutuhan es batu di pasar. Memang, kalau cuma melihat usaha “jual es batu” rumahan yang biasa terdapat di pinggir jalan atau rumah-rumah, tidak terlihat bila usaha tersebut begitu menghasilkan. Tetapi yang patut kita perlu untuk ketahui adalah usaha es batu tak hanya terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Peluang Manis Bisnis Waffle Indonesia
Di rumah makan atau restoran misalkan kita ambil contoh. Restoran membutuhkan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu restoran juga menggunakan es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tidak busuk.

Di samping rumah makan kita bisa mengambil contoh di usaha perikanan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar sampai terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Tidak jarang ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Oleh karena itu Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan tersebut adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk membuat dingin suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar terhadap es batu tidak bisa dikatakan kecil. Maka mesti ada yang mengisi permintaan sekaligus peluang usaha es batu ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi sekitar 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia hargai seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia bisa mengantongi profit sampai 50%.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu kristal. Ia menghasilkan 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu tersebut dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut ia meraup profit sampai 20%.

Ahmad mengatakan bahwa pelanggan es batu kristal tidak hanya terbatas pada restoran dan rumah makan saja. Pemesanan es batu dapat datang dari pagelaran event-event, misalkan seperti Java Jazz. Event-event sekelas Java Jazz dapat memerlukan es batu hingga 10 ton per hari.
Di dua contoh kesuskesan usaha es batu di atas yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa usaha es batu memiliki peluang keuntungan yang tidak kecil.

Baca juga  Tips Memulai Bisnis Roti Kering yang Menguntungkan
Kebutuhan dalam Menjalankan Usaha Es Batu

Tempat

Biaya yang pertama-tama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Memang produk es batu ini tak terlalu besar, tetapi jika kita telah bermain di tingkat “ton-ton-an” pasti harus mempunyai tempat yang luasnya memadai. Bahkan di samping tempat yang mencukupi, kita juga membutuhkan bangunan yang bersih dan terjaga suhunya. Tentu jika tempat kotor bisa menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan membuat es tidak awet.

Di bangunan itu kita juga akan melaksanakan proses pembuatan es batu dengan mesin dan alat yang kita telah siapkan. Selain itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sampai es batu dikirimkan ke pengguna.

Alat Pembuat Es Batu

Untuk membuat es batu dalam skala besar sudah pasti kita memerlukan freezer khusus atau alat pembuat es batu.

Kita lihat contoh Ahmad di pembahasan sebelumnya. Dia mengeluarkan 200 juta untuk memperoleh 3 unit mesin pembuat es sekaligus pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200m2 telah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia dapat dari Jepang itu bisa menghasilkan dua ratus kg es kristal dengan waktu 4 jam.

Jika tertarik mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis dapat diperoleh di ramesia mesin.

Pengiriman

Kita juga harus mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalkan kendaraan dan packing. Yang patut diperhatikan dari packaging tersebut adalah kapasitas untuk menjaga suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut dilihat dari kendaraan adalah kendaraan itu harus dapat membawa dan menampung es hingga kuantitas ton.'

No comments:

Post a Comment

Usaha Kopi Joss Menjadi Peluang Usaha yang Bagus

Kopi adalah tipe minuman yang ramai disenangi banyak kalangan baik dari remaja, dewasa hingga orang tua. aroma kopi yang sedap dan lezat sun...